Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing Apa Saja yang Dipelajari
Untuk Anda yang baru mengenal digital marketing, tentu cara memulai digital marketing serta hal apa saja yang harus dipelajari, artikel berikut ini dapat membantu Anda menentukan, apa saja yang harus Anda memulai untuk bisa memahami digital marketing, bahkan berkarir dibidang pemasaran digital ini.
Sekarang Anda dapat mempelajari digital marketing secara gratis dari tutorial digital marketing baru untuk pemula ini.
Digital Marketing telah menjadi salah satu istilah yang paling umum digunakan saat ini. digital marketing akan mengubah cara pemasaran dilakukan. Segera digital marketing, periklanan digital, dan media digital akan menggantikan pemasaran tradisional.
Jika Anda mencari tutorial digital marketing dalam PDF, Anda dapat mengunduh Tutorial digital marketing baru kami PDF 2021 di sini
Dalam tutorial digital marketing ini , kita akan mempelajari segala sesuatu tentang digital marketing dari dasar hingga lanjutan.
Baik Anda seorang pelajar, Profesional yang bekerja, pemasar digital berpengalaman atau bahkan pemilik bisnis, tutorial digital marketing ini akan membantu Anda memahami konsep digital marketing dan membantu Anda mempelajari digital marketing dari awal.
Mengapa belajar dari tutorial digital marketing ini?
Sayangnya, banyak tutorial digital marketing yang tersedia secara online sudah ketinggalan zaman dan tidak menawarkan informasi terbaru. Beberapa sudah sangat tua dan hanya menawarkan pengetahuan teoretis.
Dalam tutorial digital marketing yang baru dan diperbarui ini, Anda akan mempelajari konsep inti digital marketing, cara menggunakan digital marketing untuk bisnis, cara menjadi pakar digital marketing, dan banyak topik lainnya.
Topik yang tercakup dalam tutorial digital marketing ini:
- Dasar-dasar digital marketing
- Apa itu digital marketing?
- Bagaimana cara kerja digital marketing?
- Apa saja jenis saluran digital marketing?
- Perbedaan antara pemasaran tradisional dan digital marketing?
- Memulai digital marketing
Apa itu Pemasaran?
Sebelum Anda mempelajari digital marketing, penting untuk memahami apa itu pemasaran.
Pemasaran bukan tentang promosi atau periklanan saja. Pemasaran adalah topik atau konsep kompleks yang digunakan untuk membuat rencana tindakan yang komprehensif untuk menghasilkan prospek, meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau memperoleh lebih banyak pelanggan.
Dalam istilah yang sangat sederhana Pemasaran berarti mengkomunikasikan pesan yang BENAR, kepada orang yang BENAR menggunakan media yang BENAR.
Pemasaran memainkan peran utama dalam menciptakan kesadaran tentang bisnis, meningkatkan basis pelanggan, meningkatkan penjualan, dan membangun merek. Pemasaran adalah salah satu bagian terpenting dari bisnis apa pun dan tanpa pemasaran yang efektif, pertumbuhan bisnis menjadi hampir tidak mungkin.
Pemasaran yang efektif membutuhkan perencanaan yang cermat, pendekatan yang kreatif, dan eksekusi yang cerdas
Apa itu digital marketing?
digital marketing adalah tentang mempromosikan bisnis menggunakan saluran digital seperti Internet, situs web, blog, platform media sosial, pemasaran video, pemasaran seluler, pemasaran email, dan daftarnya sangat besar…
Pada dasarnya, digital marketing adalah istilah umum yang digunakan untuk kombinasi berbagai teknik dan strategi digital marketing seperti SEO, media sosial, iklan berbayar, iklan Facebook, pemasaran email, pemasaran konten, dll.
Sejarah digital marketing
digital marketing bukanlah hal baru. Sudah ada sejak Internet dimulai. Sekarang digital marketing menjadi populer karena meningkatnya pengguna internet, pengguna ponsel dan konsumsi konten digital.
Sebenarnya, digital marketing lebih dulu dikenal dengan istilah internet marketing dan online marketing. Pada hari-hari awal internet, terutama internet digunakan untuk komunikasi melalui email dan situs web dan SEO digunakan untuk periklanan dan pemasaran online. Pada masa itu, digital marketing dikenal sebagai pemasaran Internet atau pemasaran online.
Ketika platform media sosial seperti Facebook, Instagram menjadi populer, platform video seperti YouTube menjadi populer dan orang-orang mulai menggunakan ponsel dan perusahaan mulai menggunakan situs web, media sosial, dan video, dll untuk pemasaran. Inilah bagaimana digital marketing dimulai dan menjadi populer sebagai istilah umum.
Kerangka digital marketing:
digital marketing itu kompleks, yang mencakup banyak topik dan sub-topik. Untuk menjadi ahli digital marketing, penting untuk memiliki pengetahuan tentang semua topik digital marketing dan memahami cara kerja digital marketing.
Kerangka kerja digital marketing berisi berbagai platform, saluran, dan teknik digital marketing.
Daftar topik dan saluran digital marketing
- Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
- Pemasaran Media Sosial (SMM)
- Pemasaran Mesin Pencari (SEM)
- Periklanan PPC
- Menampilkan iklan
- Pemasaran Konten
- Pemasaran Afiliasi
- Email Pemasaran
- Pemasaran Seluler
- Iklan Video Digital
- PR Digital Online
- ngeblog
- Pemasaran influencer
- Mesin pencari Marketing
Pemasaran mesin pencari juga dikenal sebagai pemasaran masuk oleh beberapa orang. Pemasaran mesin pencari berarti Anda menggunakan mesin pencari sebagai saluran pemasaran utama Anda. Pemasaran mesin pencari berisi SEO dan iklan pencarian.
Optimasi Mesin Pencari (Juga dikenal sebagai SEO)
Optimisasi mesin pencari adalah salah satu bagian terpenting dari digital marketing. SEO adalah tentang mendapatkan lalu lintas organik di situs web dari mesin pencari. Dalam ruang digital marketing, SEO dianggap sebagai salah satu saluran paling efektif untuk mendapatkan visibilitas, lalu lintas di situs web tanpa menghabiskan terlalu banyak.
Hal-hal yang perlu diketahui tentang SEO
- SEO adalah strategi jangka panjang
- SEO adalah bagian dari pemasaran masuk dan Pemasaran Mesin Pencari
- SEO memberi Anda ROI yang lebih baik dibandingkan dengan saluran lain.
Search Engine Optimization sulit, kompleks dan memakan waktu. Tapi, memberikan hasil yang lebih baik jika diterapkan dengan benar.
Cari Iklan
Iklan pencarian adalah saluran digital marketing populer lainnya. Iklan pencarian sering dikacaukan dengan PPC. Iklan pencarian adalah tentang iklan berbayar di mesin pencari.
Iklan pencarian adalah iklan berbayar
Biasanya pengiklan akan membayar per klik
iklan bergambar terkadang juga merupakan bagian dari iklan pencarian
Google Adwords adalah salah satu platform paling populer untuk iklan pencarian
Pemasaran media sosial
Pemasaran media sosial adalah tentang menggunakan platform jejaring sosial dan situs web media sosial untuk pemasaran. Pemasaran media sosial sekarang menjadi populer karena peningkatan pengguna internet dan pengguna jejaring sosial. Pemasaran media sosial adalah tentang mempromosikan bisnis menggunakan platform jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, Quora, LinkedIn dan banyak situs jejaring media sosial populer lainnya.
Pemasaran media sosial berkembang sangat cepat
Iklan media sosial juga merupakan bagian dari pemasaran media sosial
pemasaran media sosial memiliki saluran organik dan berbayar
Iklan Facebook, iklan LinkedIn, Iklan Twitter, dll. adalah bagian dari pemasaran media sosial
- Email Pemasaran
Pemasaran email adalah salah satu bagian yang paling membingungkan dari bauran digital marketing. beberapa orang menyebutnya surat massal, beberapa orang menyebutnya surat massal dan bahkan ada yang bingung antara surat massal dan pemasaran email.
Pemasaran email adalah saluran pemasaran yang sangat tua dan juga berubah dengan sangat cepat. email adalah salah satu saluran komunikasi yang paling disukai untuk pemasaran setelah SMS dan pertumbuhan whatsapp dan saluran pemasaran lainnya.
Pemasaran email bukanlah saluran utama untuk pemasaran, tetapi merupakan suatu pengaktif. Ini adalah saluran komunikasi antara merek dan pembeli. Pemasaran email setiap hari meningkat dan sekarang pemasaran email telah menjadi bagian dari otomatisasi pemasaran.
Otomasi Pemasaran adalah masa depan pemasaran email.
Pemasaran email sekarang menjadi bagian dari otomatisasi pemasaran
Pemasaran email adalah media komunikasi yang sangat efektif
Pemasaran email menawarkan ROI yang jauh lebih baik dibandingkan dengan banyak saluran pemasaran lainnya
- Pemasaran SMS
Pemasaran SMS sebenarnya bukan bagian dari digital marketing, tetapi pemasaran SMS dapat digunakan bersama dengan metode pemasaran lainnya sebagai bagian dari strategi digital marketing.
Pemasaran SMS digunakan untuk mengirim pesan promosi atau pengingat atau berbagi konten dengan audiens.
Pemasaran SMS bisa sangat efektif untuk bisnis real estat, pendidikan, dan perawatan kesehatan
- Iklan Google
Google Ads adalah platform periklanan digital oleh Google yang digunakan oleh pengiklan untuk menampilkan iklan menggunakan Google Ads. Iklan Google memungkinkan pengiklan untuk membuat iklan penelusuran, iklan bergambar, iklan video YouTube, iklan Belanja, dan juga iklan unduhan Aplikasi Seluler.
Google Ads adalah platform periklanan serbaguna yang digunakan oleh banyak merek dan individu untuk menarik lalu lintas situs web atau menghasilkan prospek menggunakan iklan berbayar.
- Pemasaran Konten
Pemasaran konten adalah strategi digital marketing di mana pemasaran dilakukan dengan menggunakan konten berkualitas tinggi dan relevan.
Konten ini dapat berupa posting blog, artikel, buletin email, kertas putih, studi kasus, makalah/laporan penelitian, infografis, video, webinar, e-majalah, e-book, dan masih banyak lagi.
Ini tentang membuat konten yang tepat dan mempromosikan konten menggunakan SEO, SEM, Media Sosial, dan saluran digital marketing lainnya.
- Pemasaran YouTube
YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google. YouTube memungkinkan pengguna untuk mencari dan menonton video. Merek dapat menggunakan pemasaran YouTube untuk berbagi konten video, kiat bermanfaat, demo produk, dan mengedukasi calon pelanggan.
Pemasaran YouTube bisa menjadi pemasaran yang sangat efektif dan tidak ada biaya untuk membuat saluran atau mengunggah video di YouTube.
- Periklanan YouTube
Iklan YouTube berarti menampilkan iklan di platform YouTube. Anda dapat membuat iklan video YouTube menggunakan Google Ads dan mempromosikan iklan Anda di video YouTube lainnya, menampilkan iklan kepada audiens target tertentu dan juga menggunakannya untuk mengarahkan lalu lintas berbayar di situs web.
- Iklan Facebook
Iklan Facebook adalah tentang menggunakan platform iklan Facebook untuk membuat iklan bersponsor. Iklan Facebook memungkinkan Anda menjangkau audiens tertentu atau mengarahkan lalu lintas berbayar.
Iklan Facebook digunakan oleh ribuan merek untuk membangun merek, kesadaran produk baru, perolehan prospek, dan penjualan.
- Iklan Instagram
Karena Instagram adalah bagian dari jaringan Facebook saja, platform iklan Facebook digunakan untuk membuat dan menampilkan iklan di Instagram.
Kesimpulan
Semoga tutorial digital marketing ini membantu Anda memahami tentang digital marketing dan topik yang tercakup dalam digital marketing. Jika Anda berencana untuk memulai karir Anda dalam digital marketing, Anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan kursus digital marketing kami – Kami menawarkan kursus digital marketing online dan offline untuk siswa, kursus digital marketing untuk profesional yang bekerja, kursus digital marketing untuk lulusan dan sarjana dan pengusaha.
Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.
ReplyDeletebrankaspedia
This article is a valuable addition to the existing literature on this subject. It will undoubtedly stimulate further discussion and research.
ReplyDeletetiktok downloads